Minggu, 29 Januari 2012

Profil Hamzah Uno







 



RIWAYAT HIDUP


Prof. Dr. Hi. Hamzah B. Uno, M. Pd












DAFTAR RIWAYAT HIDUP


I.       Data Pribadi


            1. Nama                       : Prof. Dr. Hi. Hamzah B. Uno, M. Pd
            2. Tempat Lahir           : Limboto-Kabupaten Gorontalo
            3. Tanggal Lahir          : 1 Juni 1963
            4. Jenis Kelamin          : Pria
            5. Alamat                    : Jl. Kiay Modjo No. 12 Ombulo
                                                  Limboto Barat Kabupaten Gorontalo
   Telpon: (0435) 880 147 (Gorontalo)
   HP. 081 281 064 73
   E-mail : hamzahuno@yahoo.com
            6. Pekerjaan                 : 1. Dosen Universitas Negeri Gorontalo
                                                  2. Kepala UPBJJ-UT Gorontalo
                                                 


II. Pendidikan


           
No
Pendidikan
Nama PT
Tahun
Gelar

1
S-1 Matematika
Unsrat Manado
1989
Sarjana
2
S-2 Tek.Pembelajaran
IKIP Malang
1995
Magister
3
S-3 Tek. Pendidikan
UNJ Jakarta
2003
Doktor







III. Organisasi Profesi:
1.      Ikatan Sarjana Pendidikan MIPA
2.      Ikatan Profesi Teknologi  Pendidikan Indonesia (IPTPI)
3.      Persatuan Guru Republik Indonesia





IV. Pekerjaan/Riwayat Pekerjaan

1.      Guru SLTP di Limboto (1984-1986)
2.      Guru Matematika dan Fisika di 3 SLTA  Gorontalo (1986-1990)
3.      Dosen MIPA Universitas Negeri Gorontalo (1990 sampai sekarang)
4.   Dosen Tidak Tetap STAIN Sultan Amai Gorontalo
5.   Dosen Tidak Tetap UNTIKA LUWUK Sulawesi Tengah
6.   Dosen Tetap Program Pasca Sarjana UNG
7.   Dosen Pasca Sarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo
8.   Dosen Pasca Sarjana STIE Bina Taruna Gorontalo

V. Riwayat Jabatan


1.      Kepala Laboratorium Matematika STKIP Gorotalo (1990-1992)
2.      Sekertaris Bidang Penelitian STKIP Gorontalo (1992-1993)
3.      Kepala Unit Publikasi Ilmiah STKIP Gorontalo (1995-1996)
4.      Sekertaris PPL STKIP Gorontalo (1996-1997)
5.      Kepala Pusat Komputer STKIP Gorontalo (1996-1999)
6.      Sekertaris Bidang Perencanaan STKIP Gorontalo (1996-1999)
7.      Kepala Unit Pelaksana Bidang Penelitian BKS PTN IMTIM Komisariat STKIP Gorontalo (1996-1998)
8.      Pimpinan Dewan Redaksi Journal Penelitian STKIP Gorontalo (1996-1999)
9.      Pemimpin Dewan Redaksi Journal pendidikan dan penelitian “Normalita” PPS UNG (2004-Sekarang)
10.  Asisten Direktur Bidang Akademik PPS UNG (2005-sekarang)
11.  Kepala Badan Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi UNG (2006)
12.  Kepala UPBJJ-UT Gorontalo (2007)
13.  Pembantu Rektor III UNG tahun 2010
14.  Ketua Lembaga Pendidikan dan Pembelajaran UNG tahun 2011
15.  Ketua Madrasah Development Center Provinsi Gorontalo (2009-sekarang)

VI. Pengalaman Organisasi

1.      Sekertaris Senat Mahasiswa FKIP Unsrat Manado (1984-1986)
2.      Ketua Senat Mahasiswa FKIP Unsrat Manado (1986-1988)
3.      Sekertaris Koperasi Mahasiswa HUYULA FKIP Unsrat (1987-1990)
4.      Ketua Bidang Pembinaan Anggota HMI Cabang Gorontalo (1986-1990)
5.      Sekertaris DPD II AMPI Kabupaten Gorotalo (1991-1994)
6.      Sekertaris ICMI Orsat Limboto 1996-sekarang)
7.      Pengurus IPTPI Pusat (2005-Sekarang)
8.      Ketua IPTPI Cabang Gorontalo (2005-sekarang)
9.      Ketua ICMI Kabupaten Gorontalo (2007)
10.  Ketua Tim Pakar KAHMI Gorontalo (2006)

 

VII. Pelatihan dan Seminar



No
Tahun
Kegiatan
Status
Pelaksana
1
1992
Pelatihan Kurikulum MIPA LPTK
Peserta
Unsrat
2
1993
Pelatihan Dual Sistem Pendidikan
Peserta
IKIP Malang
3
1994
Pelatihan Penelitian Kualitatif
Peserta
IKIP Malang
4
1994
Pelatihan Penulis Buku
Peserta
IKIP Malang
5
1995
Pelatihan Metodologi Penelitian
Pelatih
STKIP Gorontalo
6
1996
Pelatihan Metologi Riset
Peserta
Unstrat
7
1996
Pelatihan Pekerti/AA
Peserta
STKIP Gorontalo
8
1997
Pelatihan Pekerti/AA
Pelatih
STKIP Gorontalo
9
1997
Pelatihan Perencanaan PT
Peserta
DIKTI

1997
Seminar Hasil Penelitian Nasional
Penyaji
Makassar
10
1998
Pelatihan Pengembangan AV
Peserta
Penerangan
11
1999
Pelatihan Pemogramer Komputer
Peserta
DIKTI
12
2000
Seminar Nasional IPTPI
Penyaji
Surabaya
13
2000
Seminar Nasional HAM
Peserta
Jakarta
14
2001
Seminar Nasional Perlindungan Anak
Peserta
Jakarta
15
2002
Semiloka International AECT
Peserta
Jakarta
16
2002
Seminar Nasional Kurikulum Pendidikan
Peserta
Jakarta
17
2003
Seminar Nasional SDM Kesehatan
Peserta
Jakarta
18
2003
Seminar Nasional Masalah Kesehatan Gigi
Peserta
Jakarta
19
2004
Pelatihan Kurikulum KBK PLS
Pelatih
Jakarta
20
2004
Pelatihan Penyusunan Kurikulum KBK Pendidikan Non Formal
Pelatih
Jakarta
21
2004
Seminar Nasional IPTPI
Peserta
Jakarta
22
2005
Seminar nasional Penelitian Kualitatif
Penyaji
Gorontalo
23
2005
Seminar Nasional Pengolahan Data Penelitian
Penyaji
Gorontalo
24
2005
Seminar Nasional Masalah Tugas Guru
Penyaji
Gorontalo
25
2005
Pelatihan Penulisan karya Tulis Ilmiah
Pelatih
Gorontalo
26
2005
Pelatihan Guru SD/SLTP/SLTA se Propinsi Gorontalo
Pelatih
Gorontalo
27
2006
Workshop Akreditasi PTN/PTS se Indonesia Timur
Penyaji
Manado


28
2006
Workshop Penulisan Journal Ilmiah Terpusat
Penyaji
Jakarta
29
2006
Workshop University Leadership
Peserta
Jakarta
30
2007
Workshop Manajemen Perguruan Tinggi Terbuka (UT) dan Perencanaan Penganggaran dalam rangka efesiensi pengelolaan PT
Peserta
Jakarta
31
2007
Penatar Pekerti dan AA bagi dosen di UG, IAIN Sultan Amai Gorontalo dan UNG
Penatar
Gorontalo






VIII. Bahan Cetak dan Publikasi Ilmiah


A.   Penelitian
1.      Hasil Belajar siswa SMA dilihat dari perbedaan jenis kelamin (1989)
2.      Profesionalisme Guru dan Pengaruhnya Terhadap kualitas kerja dan efesiensi hasil belkajar siswa (1990)
3.      Ketercapaian kurikulum matematika di SD dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa (1991)
4.      Validitas dan Reliabilitas Tes Hasil Belajar Buatan Guru di SMP Sedaerah Gorontalo (1992)
5.      Identifikasi potensi dan kendala pelaksanaan program kejar paket A di Kabupaten Gorontalo (1993)
6.      Pengaruh strategi pembelajaran menggunakan modul, dan karakteristik siswa terhadap hasil belajar geometri (1995)
7.      Strategi penerapan pensistesis bertahap dalam pengajaran, pemberian ringkasan terhadap hasil belajar dan retensi (1996)
8.      Strategi pembelajaran di Pondok Pesantren Al-Khairat Kiay Modjo Kabupaten Gorontalo (1997)
9.      Peran HPH dalam peningkatan ekonomi dan pendidikan di Kabupaten Gorontalo (2000)
10.  Pemetaan perkampungan industri kecil di Kabupaten Gorontalo (2002)
11.  Hubungan antara motivasi belajar, sikap terhadap strategi pembelajaran dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SMU se Kabupaten Gorontalo (2002)
12.  Studi tentang Kinerja Karyawan Pemda Kabupaten Gorotalo (2002)
13.  Pemetaan perilaku keberagamaan masyarakat Kabupaten Boalemo Gorontalo (2003)
14.  Strategi pembelajaran dan gaya kognitif pengaruhnya terhadap hasil belajar matematika di SMU Limboto (2003)
15.  Pengembangan instrumen penilaian kinerja tenaga kesehatan  (2004)
16.  Analisis tentang mutu pendidikan di kabupaten Bone Bolango Propinsi Goronbtalo (2005)
17.  Studi Kebijakan Pendidikan Bagi Keluarag Miskin (2007)

B.   Buku
1.      Buku Panduan Mahasiswa Kerangka Perkuliahan dan Bahan Ajar Matakuliah Statistika Deskriptif (1994) Penerbit Nurul Jannah.
2.      Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Bidang Pendidikan (1996) Penerbit Nurul Jannah.
3.      Pengantar Teori Belajar dan Pembelajaran (1997) Penerbit Nurul Jannah
4.      Media Pendidikan (1997) Penerbit Nurul Jannah
5.      Pengantar Penilaian (1998) Penerbit Nurul Jannah
6.      Perencanaan Pembelajaran Teori Praktek (1999) Penerbit Nurul Jannah.
7.      Pengembangan Instrumen Untuk Penelitian (2002) Penerbit Alawiyah Press
8.      Metodologi Penelitian Kuantitatif (2002) Nurul Jannah
9.      Teori Motivasi dan Aplikasinya dalam Penelitian (2003) Penerbit Nurul Jannah
10.  Landasan Pembelajaran (2003) Nurul Jannah
11.  Model Pembelajaran (2003) Nurul jannah
12.  Sosiologi Pendidikan Paradigma Ganda (2003) Nurul Jannah
13.  Landasan Pendidikan (2005) Nurul Jannah
14.  Landasan Keilmuan Pembelajaran (2005) Biaya Dikti
15.  Filasafat Ilmu (2006) Nurul Jannah
16.  Orientasi Baru dalam Psikologi (2006) Bumi Aksara Jakarta
17.  Profesi Kependidikan (2007) Bumi Aksara Jakarta
18.  Mengelola kecerdasan dalam pembelajaran (2007) Bumi Aksara: Jakarta
19.  Pengantar Kependidikan (2008) Nurul Jannah
20.  Landasan Pembelajaran (Bumi Aksara Jakarta)
21.  Penelitian Tindakan Kelas (MQS Bandung)
22.  Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan (Bumi Aksara Jakarta)
23.  Strategi Pembelajaran dengan Pendekatan PAILKEM (Bumi Aksara Jakarta)

C.   Tulisan Pada Journal/Majalah Penelitian, Pendidikan dan Jenis Publikasi Lain

1.      Paradigma Penelitian (1996) Journal Penelitian STKIP Gorontalo
2.      Tiga Model Pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan (1996) Majalah Insan Cita STKIP Gorontalo
3.      Pengaruh Strategi Pembelajaran yang berbeda, Gaya belajar yang berbeda terhadap perolehan belajar Geometri di SMU (1997) Journal Penelitian IKIP Malang
4.      Teknologi Pendidikan Model Konseptual Dan Analisis Komponen Sistemnya Dalam Perbaikan Pengajaran (1999) Majalah Cakrawala TP Universitas Negeri Jakarta
5.      Metode Penelitian Tindakan Kelas (Metode PAR) (2000) Jurnal Penelitian STKIP Gorontalo
6.      Paradigma Penelitian (2001) Jurnal Penelitian STKIP Gorontalo
7.      Tiga Model Pendekatan Pembelajaran (2003) Jurnal Pendidikan Universitas Islam Jakarta
8.      Pembelian gelar sarjana Sebagai Upaya Penjajahan dan Pembodohan Sistematis Masyarakat Kelas Menengah (2003) Majalah Suara Karya Jakarta
9.      Analisa Kurikulum Kejuruan Menuju era Globalisasi di Propinsi Gorontalo (2004) Jurnal Pascasarjana Normalita UNG
10.  Profesionalisme Guru (2005) Jurnal Pascasarjana UNG


Demikian Daftar Riwayat Hidup ini Saya Buat dengan Benar
Gorontalo,  3 September  2010


Prof. Dr. Hi. Hamzah B. Uno, M. Pd
NIP. 131 881 037

3 komentar:

  1. Wah, saya pengagum bapak. Ternyata Buku-buku bapa di Univ Negeri Malang banyak digunakan, terutama buku Assesment dan Buku-buku TEP, yang sudah membantu saya menyelesaikan Tugas Perkulihan.

    BalasHapus
  2. salam kenal Prof Hamzah, saya terinspirasi dg buku anda untuk membuat bahan ajar berasaskan teori kecerdasan ganda.
    sebelumnya, saya umi mahasiswi UIN Malang, sya mau menanyakan mengenai kecerdasan ganda yang berkaitan dg bahan ajar.
    membuat bahan ajar berasas teori kecerdasan ganda dalam materi reading, bisakah?? jadi di dlam bhn ajar itu ada kegiatan (berdasarkan kecerdasan ganda; ex. buku anda mengelola kecerdasan dalam pembelajaran hlm. 176) yang dapat memberikan pemahaman berfikir.. mohon konfirmasinya, terimkasih Prof

    BalasHapus
  3. Wah , saya sangat tertarik dengan karya karya bapak

    BalasHapus